hosting indonesia
Hiburan

Suka Baca Komik di Webtoon? Yok Kenalan dengan ‘Fikri si Bocah Tuli’

Suka Baca Komik di Webtoon? Yok Kenalan dengan ‘Fikri si Bcah Tuli’ – Disabilitas atau yang kita sebut dengan berkebutuhan khusus nyatanya nggak membatasi seseorang untuk berkaya. Malah terkadang para difabel lebih punya semangat dan potensi yang lebih tinggi dibandingin kita yang lebih suka galau kalo nge-post status di sosmed. Ada banyak dari mereka yang kadang suka bikin kita kagum, ya salah satunya seperti ‘Fikri si Bocah Tuli’ ini. Seorang pemuda yang terlahir dalam keadaan tuli dan harus membiasakan dirinya dengan orang-orang di sekitar yang menggunakan bahasa lisan.

Fikri si Bocah Tuli
Cover Komik Fikri si Bocah Tuli

Kalo kamu suka main di LINE, pasti udah nggak asing dong ya dengan yang namanya Webtoon, itu lho, kumpulan komik yang bisa kamu baca sepuasnya kalo lagi malam minggu tapi di rumah aja hihihi. Eh tapi sekarang kamu bisa kok baca semua komik yang ada di disitu tanpa mesti punya akun LINE dulu. Kamu juga bisa kenalan dengan Fikri yang berbagi tentang dirinya lewat serial komik yang berjudul “Fikri si Bocah Tuli”

Kenapa tuli? Yok kita simak apa kata pria bernama lengkap Fikri Muhandis ini.

Fikri si Bocah Tuli
“Tuli”

Identitas tuli memiliki pengaruh besar dan positif terhadap diri. Aktif dalam budaya tuli, kelompk minoritas dengan bahasa isyarat menjadi satu cara untuk mengurangi diskiriminasi yang umum dialami anak tuli. Ketulian yang dilatih dalam kesadaran akan membuat teman tuli berfokus terhadap kelebihan dirinya daripada kekurangannya.

Dalam episode pertama komiknya di Webtoon, Fikri dengan senang hati menceritakan tentang dirinya. Pemuda kelahiran 1990 itu mengisahkan bagaimana dirinya dilahirkan secara normal oleh ibu tercinta. Waktu pun berlalu dan Fikri akhirnya sadar kalau dirinya lahir dalam keadaan tak bisa mendengar.

Mendengar dengan mata
Mendengar dengan mata

Bagi kita yang terbiasa berbicara dengan suara, mungkin akan sedikit bingung ketika harus ngomong langsung dengan Fikri yang lebih banyak menggunakan bahasa tubuh dan gerakan tangan. Tapi tenang, seperti apa yang ada di dalam komiknya, Fikri adalah sosok yang akan dengan senang hati mengajarkan kita bahasa isyarat.

Serial komik karya Fikri Muhandis ini nggak cuma akan menghibur kita dengan visual yang menarik dan gaya yang kocak, tapi juga memberikan kita pelajaran tambahan tentang bagaimana berteman dan berbicara dengan seorang difabel, apalagi kalau ia adalah seorang tuli seperti Fikri.

Kenalan dengan Fikri si Bocah Tuli
Kenalan dengan Fikri si Bocah Tuli

Mungkin hal yang sulit bagi kita untuk bisa menggunakan bahasa isyarat, apalagi kalau kita belum mempelajarinya sama sekali. Setidaknya setelah membaca komik ‘Fikri si Bocah Tuli’, kita bisa berkenalan dengan Fikri yang lain dalam kehidupan nyata dan mengucapkan terima kasih kepada mereka.

Kalo kamu penasaran dengan Fikri dan bagaimana dia menyapa dunia, buka play store sekarang dan install aplikasi Webtoon di gadget kamu. Jangan lupa login dulu yaa… Kalo sudah masuk, cari kotak pencarian dan tulis Fikri si Bocah Tuli. Kalo udah ketemu dan suka dengan komiknya, jangan lupa tekan +Favorit yaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *