hosting indonesia
Travel

Pengen Liburan Akhir Tahun Tapi Budget Minim? Gini Nih Caranya!

Pengen Liburan Akhir Tahun Tapi Budget Minim? Gini Nih Caranya! – Baru kemaren rasanya kita ngerayain tahun baruan, eh udah mau akhir tahun aja nih sekarang. Supaya akhir tahun kamu berkesan, pasti kamu udah punya rencana dong mau ngapain libur tahun baruan nanti? Ya, mungkin kamu mau liburan ke mana gitu, kan? Sekarang mau liburan mah gampang, punya budget minim juga nggak masalah. Kamu teta bisa santai menikmati pergantian tahun bersama teman atau keluarga tercinta.

Liburan Budget Minim
Liburan Budget Minim via Pexels.com

Kalo kamu pengen liburan tapi cuma punya budget sejutaan, kamu masih bisa kok ngerencanain liburan yang seru dan menarik. Nggak percaya? Gini nih caranya!

#1 Rencanakan Perjalanan dari Jauh-jauh Hari

Enaknya liburan ke mana ya? via Pexels.com
Enaknya liburan ke mana ya? via Pexels.com

Jadi ada baiknya kamu menyiapkan semua yang kamu perlukan buat liburan nanti dari sekarang. Kamu bisa cek informasi tempat-tempat seru untuk liburan, transportasi sampe keperluan yang mesti kamu bawa selama melakukan liburan. Jadi kamu bisa tenang selama liburan karena semua yang kamu perlukan sudah lengkap.

#2 Tentukan Tujuan dan Lama Liburan

Rencana liburan ke mana? via Pexels.com
Rencana liburan ke mana? via Pexels.com

Ini juga nggak kalah penting sob, soalnya jarak tempuh ke destinasi liburan yang di tuju dan seberapa lama kamu di sana bisa mempengaruhi biaya yang mesti dikeluarkan. Jadi supaya nggak over budget, ada baiknya kamu tentuin dulu mau liburan ke mana dan berapa lama kamu mau berada di tempat itu. Jadi biaya yang kamu perlukan bisa dikira-dikira dari sekarang.

Supaya lebih asik, kamu juga bisa mencari tempat wisata yang jaraknya dekat dan bisa ditempuh lewat darat. Misal, kamu mau ke tempat-tempat yang dekat di lokasi liburan dengan nyewa mobil seharian yang biayanya kira-kira 300-500 ribuan. Tapi kalo bisa melulu ngeluarin uang untuk sesuatu yang nggak begitu penting, kamu juga masih perlu biaya untuk makan dan keperluan lainnya, kan?

#3 Ajak Teman untuk Liburan Bareng

Ajak teman juga yah via Pexels.com
Ajak teman juga yah via Pexels.com

Salah satu cara ampuh buat ngakalin biaya yang minim banget, kamu bisa ajak teman-temanmu untuk liburan bareng. Dengan perencanaan yang udah kamu buat, kamu bisa ajak mereka untuk patungan, jadi bakal lebih hemat kan? Plus dapat teman untuk berbagi cerita selama liburan. Selain teman, kamu juga bisa ajak orang-orang terdekat untuk qaulity time bersama dengan liburan yang sudah kamu persiapkan.

#4 Hunting Penginapan Murah

Cari Penginapan Murah via IDN Times
Cari Penginapan Murah via IDN Times

Karena kamu lagi liburan, nggak mungkin dong cuma sehari terus pulang? Seenggaknya kamu perlu tempat istirahat atau penginapan yang nyaman. Supaya nggak berat di kantong, sebaiknya sebelum berangkat kamu udah punya beberapa tempat penginapan yang menawarkan harga murah atau sesuai dengan budget yang kamu punya.

Jangan ragu untuk nanya ke driver atau orang di sekitar kamu tentang penginapan yang cocok di lokasi liburan nantinya. Lebih bagus lagi kalo kamu punya teman atau kenalan yang bisa ngasih kamu pilihan tempat tinggal sementara.

#5 Siapkan Budget Khusus untuk Oleh-oleh

Beli oleh-oleh dulu sebelum pulang via Unsplash.com
Beli oleh-oleh dulu sebelum pulang via Unsplash.com

Liburan nggak lepas dari yang namanya beli oleh-oleh. Selain buat diri sendiri, kamu bisa ngasih oleh-oleh buat orang-orang yang tahu kalo kamu lagi jalan-jalan bahagia. Kamu juga harus siap nyisihin uang lebih kalo mereka malah ‘nodong’ bawaan sepulang dari liburan. Ya nggak apa-apa lah ya? Itung-itung berbagi kebahagiaan.

Yap, itu dia beberapa tips liburan dengan budget minim yang semoga saja bisa berguna buat kamu yang mau liburan di akhir tahun ini. Jangan lupa untuk nabung yang rajin supaya bisa liburan sesuai dengan yang udah kamu rencanain. Happy holiday…

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *