hosting indonesia
Travel

7 Kampung Batik di Indonesia yang Bisa Dijadikan Tempat Wisata dan Edukasi

7 Kampung Batik di Indonesia yang Bisa Dijadikan Tempat Wisata dan Edukasi – Banyaknya keberagaman di Indonesia membuat kita bisa menikmati banyak sekali potensi yang ada, salah satunya dalam hal wisata dan edukasi. Salah satu keunikan Indonesia yang belum lama ini kita peringati bersama adalah batik. Ya, seperti yang kita semua tau, batik itu kekayaan budaya Indonesia yang udah diakui sebagai warisan dunia, keren kan?

Kampung Batik Indonesia
Kampung Batik Indonesia

Eh, ternyata di Indonesia ada lho kampung batik. Kerennya lagi, kampung batik itu nggak cuma bisa dijadikan sebagai tempat wisata, tapi juga sebagai tempat untuk belajar.

Daripada makin penasaran, yuk kita lihat 7 Kampung Batik di Indonesia yang Bisa Dijadikan Tempat Wisata dan Edukasi. Yok kita lets go!

#1 Kampung Batik Girli Kliwonan

Kampung Batik Girli Kliwonan
Kampung Batik Girli Kliwonan

Jika kamu sedang berada di Jogja, tak jauh dari sana kamu bisa menemukan kampung batik Girli Kliwonan. Disebut Girli Kliwonan karena tempatnya berada di tepi sungai, tepatnya di Sragen Selatan Sungai Bengawan Solo. Karena letaknya dekat sekali dengan sungai, kamu juga bisa memancing di sini, lumayan buat teman makan. Selain itu di sini juga disediakan homestay seharga 50 ribu. Tergolong murah lah ya.

Kamu bisa berlama-lama di sini untuk melihat atau bahkan belajar membatik. Model batik di Girli Kliwonan ini dibuat dalam berbagai motif, seperti motif geometris, bintang, bunga, dan masih banyak lagi bentuk yang lainnya. Warna yang digunakan pun kebanyakan adalah hitam dan kecoklatan. Jika kamu beruntung, kamu juga bisa menyaksikan festival desa yang biasanya diadakan pada bulan Agustus hingga November setiap tahunnya.

#2 Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman
Kampung Batik Kauman

Di daerah Pekalongan ternyata juga ada kampung batik yang sudah didirikan dan diresmikan pada tahun 2007 lalu. Kampung batik yang diberi nama Kauman ini juga udah mendapat julukan sebagai kampung batik nasional yang ada di Indonesia lho. Datang ke tempat ini bakal bikin kamu jadi teringat dengan tempo doeloe, soalnya di sini masih banyak sekali rumah-rumah juragan batik yang berbentuk lawas. Kamu juga bisa melihat aktivitas batik-membatik di sini. Mau sekalian belajar juga boleh.

O iya, batik di sini unik juga lho. Soalnya motif yang dipakai lebih kepada hasil asimilasi masyarakat Pekalongan dengan Tiongkok, Arab, Melayu, India, Belanda dan Jepang. Motif Pekalongan juga kelihatan lebih berwarna dan beragam dibandingkan batik yang ada di Solo pada umumnya.

#3 Kampung Batik Ngasem

Kampung Batik Ngasem
Kampung Batik Ngasem

Kampung batik satu ini berada di dalam benteng keraton Yogya, merupakan salah satu sentra batik yang sangat favorit di Yogyakarta. Kalau kamu mau membeli batik di kampung ini, kamu harus pintar menawar untuk mendapatkan harga yang murah. Ciri khas batik di sini lebih banyak memakai warna putih, hitam, dan coklat yang bermotif daun, manusia, serta binatang. Kalau mau, kamu pun bisa melihat langsung proses membatik dari awal di tempat ini.

#4 Kampung Batik Banten

Kampung Batik Banten
Kampung Batik Banten

Banten juga merupakan salah daerah di Indonesia yang mendapat pengakuan dari UNESCO karena batik khasnya. Ciri khas batik Banten terletak pada penggunaan warnanya, yaitu abu-abu muda. Kampung batik Banten sendiri terletak di Jalan Bhayangkara, Kampung Kubil, Kelurahan Sumur Pecung, Kecamatan Cipocok Jaya, Serang. Hampir sama dengan batik lainnya, batik Banten juga memiliki filosofi sendiri dalam setiap motifnya. Hal tersebut juga mempengaruhi proses pembuatan batik ini, yang tentu saja berujuan supaya batik yang dihasilkan berkualitas baik. Proses pembuatan batik Banten bisa memakan waktu 3 hingga 7 hari.

#5 Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi
Kampung Batik Trusmi

Cirebon juga memiliki cerita tentang batik yang tak kalah menarik. Malah di sini adalah salah satu usaha batik tertua di Indonesia. Sebab sudah ada sejak masa Sunan Gunung Jati menyampikan dakwahnya ke daerah ini. Kampung Batik Trusmi berada di kawasan Plered, Cirebon. Di sini kamu bisa menemukan pengrajin batik mulai dari orang tua hingga anak muda. Mereka saling bekerjsama untuk menghasilkan batik yang terbaik dari daerahnya.

Jika kamu pernah mendengar nama motif ‘Mega Mendung’, disinilah tempat motif batik itu dibuat. Motif batik yang bentuknya mirip seperti awan mendung, dengan variasi warna seperti hijau, biru tua, kuning, merah muda dan coklat. Batik Trusmi juga dijadikan ikon batik dalam koleksi kain nasional dan termasuk dalam kelompok batik keraton. Mantep!

#6 Kampung Batik Jetis

Kampung Batik Jetis
Kampung Batik Jetis

Sesuai dengan namanya kampung batik ini mengandalkan batik Jetis sebagai motif kebanggaan mereka. Batik Jetis sendiri dikenal karena memiliki warna yang terbilang berani, seperti warna merah, hijau, kuning dan biru. Motif khas yang terkenal dari batik Jetis adalah burung merak. Selain belanja batik untuk oleh-oleh sepulang dari tempat ini, kamu juga bisa melihat kegiatan melukis batik yang seru.

Jika kamu ingin mendatangi kampung batik Jetis, kamu bisa menemuinya di Sidoarjo. Tepatnya di wilayah Desa Lemah Putro.

#7 Kampung Batik Semarang

Kampung Batik Semarang
Kampung Batik Semarang

Terakhir, ada Kampung Batik Semarang. Meski sempat redup, akhirnya Kampung Batik satu ini berhasil menarik perhatian kembali setelah melakukan penyegaran. Bagi kamu yang biasa melintasi kawasan Jalan Pattimura Kelurahan Rejomulyo, Semarang mungkin sudah tidak asing lagi dengan pemandangan unik di setiap sudut jalan ini. Paduan warna-warni mural begitu cantik tergambar.

Di sini kamu bebas mengambil foto, melihat proses pembuatan batik atau juga menikmati keindahan kampung Batik Semarang. Kamu juga bisa membuat batikmu sendiri dan membawanya pulang dengan membayar sekitar 20 ribu hingga 30 ribu rupiah saja. Asik, ya?

Nah itulah 7 Kampung Batik di Indonesia yang Bisa Dijadikan Tempat Wisata dan Edukasi. Kalau ada kesempatan, jangan lupa untuk main-main ke sana ya… Ya sekalian melihat-lihat koleksi batik dan menikmati kekayaan Indonesia yang sudah diakui oleh dunia luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *